Minggu, 15 Juni 2008

Travelling

Foto By : Waone (dilintas jalan Pasuruan)
"Nel, mau tau ga salah satu keinginan gw sebelum kawin?"
"Apa...bisa punya rumah sendiri?"
"Bukan!"
"Hmm..punya klub sepakbola lengkap dengan stadion2nya seperti yang dari dulu lu bilang?
"
Bukan!!..gw pingin ngehirup (minimal) setengah udara di Indonesia!"
"Maksudnya??"
"Gw pingin bisa mengunjungi setengah wilayah di Indonesia, Traveling!!"

".....???" (sambil ngeliatin mimik aneh,serius!)
"Iya, Traveling!!!"

Hm.., itu tadi merupakan salah satu petikan obrolan gw dengan teman lama gw, Nela.
Obrolan di sebuah pertemuan sore hari di salah satu "restoran" donat. Pertemuan yang memang secara tidak tertulis sering kita lakukan buat menceritakan pengalaman hidup masing-masing. Dan sore itu, masing-masing dari kita seperti "sepakat" untuk menceritakan obsesi masing-masing. Gw menceritakan salah satu obsesi gw ttg traveling ke (setidaknya) setengah wilayah Indonesia, yang berarti sekitar 17-an propinsi karena saat ini jumlah propinsi di Indonesia telah mencapai 33-an (cek di sini). Itu artinya gw kurang delapanan lagi dari jumlah yang telah gw kunjungin...Damn!!

~Traveling~.
Yah, dari dulu gw adalah orang yang menggemari perjalanan. Bahkan saking menyenanginya gw
masih inget ketika guru SD gw bilang apa cita-cita gw, pasti jawabannya SUPIR! Polos tapi jujur.. Travelling, membuat gw menemukan banyak kepingan pengalaman baru. Lewat kaca2 jendela kereta,lewat tirai2 penginapan, dan jalan2 setapak kota. Itu juga yang membedakan kalau kita pergi sebagai traveler atau turis. Traveler pergi untuk membeli pengalaman sedang turis kadang hanya untuk membeli belanjaan. Entah mengapa, obsesi gw ini seperti terpadu dengan hobi gw lainnya yaitu membaca. Saat ini banyak gw temukan dan baca buku-buku tentang travelling. Novel "Travel Naked", "The Journey" nya Gola Gong atau "Travelers Tale" yang berisi kisah 4 sekawan dalam perjalanannya ke Barcelona adalah sebagian buku inspiratif yang memberikan banyak kisah & pengetahuan tentang traveling. Anita Roddick pernah bilang kalo "The Best School In Life Is Travel"!! Yah, gw percaya sama statement-nya bahwa kadang banyak hal yang tidak bisa kita dapatkan lewat pembelajaran statis seperti disekolah ataupun membaca buku. Kita harus menjemputnya, merasakannya langsung lewat panca indera kita & mengepaknya sebagai sebuah pengalaman.. dan itu bisa kita dapatkan lewat traveling.

Kalau pada kesimpulannya Nela bilang itu hal yang sulit,

Minimal gw udah memulainya dengan merencanakannya, mengangankannya. Itu juga yang
disarankan oleh Michael J. Losier dalam "Law of Attraction" nya khan?. Bahwa apapun bisa terjadi kalo kita mau menginginkannya, mencurahkan perhatian padanya dan bersiap menghadapinya. Dan saat ini, lewat tulisan yang kalian baca ini, aku sudah memulainya...bagaimana dengan mu?

Bandung,
Mlm Minggu..14 Juni 2008!

1 komentar:

az vellow mengatakan...

mmm... gak nyangka cita2 lo 'supir' ya hohohohe... masa kecil yg suram.

Tapi gw suka cita2 lo yg sekarang coz gw juga suka wan jadi 'traveler' bisa menghirup udara berbagai tempat okz.