Minggu, 29 Juni 2008

Membaca..

Foto By : waone (Koleksi komik lokal jadul)

Lagi. Sekali lagi! Isi kantong gw harus kosong akibat jalan isenk sore ini. Jalan isenk yang tadinya cuma pingin gw lewatin buat motret2 pake digicam di sekitaran Gasibu ini malah secara tidak sadar "menggiring" gw ke sebuah toko buku di Jl. Supratman.Alhasil, 50 rb yang tadi gw simpen di kantong harus tersisa 3000 perak aja! Itupun karena pertimbangan ongkos angkot. Yapz, semuanya tergantikan 2 buah buku : "Into The Wild" karangannya Jon Krakauer (yg lagi diskon gede) dan "Produk2 Edan Di Masa Depan" nya Beny S. Widjaya. Andai saja gw punya duit lebih mungkin gw akan semakin mengganas, karena Biografinya Stephen King, Walt Disney & Osamu Tezuka melambai2 disana.

Gw memang termasuk penyuka baca, meskipun blm berani mendeklarasikan sebagai "Gila Baca". Hobi gw ini bisa dibilang tumbuh dari kecil. Saat ibu selalu membelikan komik-komik Petruk-nya Tatang S atau saat secara isenk gw "nyolong" novel2 romantika asmaranya Fredy S punya kakak gw. Tapi secara intensif, hobi ini baru keakomodir secara lebih fokus beberapa waktu belakangan ini (3 tahunan). Hobi ini secara pelan mulai gw fokuskan saat gw mulai sadar bahwa buku telah menjadi teman & guru tumbuh kembang gw hingga menjadi pribadi yang lebih terbuka (ekstrovert) saat ini.

Entah apa yang membuat gw menyukai aktifitas yang selalu diidentikkan oleh orang sebagai kegiatannya orang "kuper" ini. Yang pasti, dengan membaca gw bisa mengalihkan segala yang mencemaskan gw sebelumnya. Menenangkan dan "melarikan" gw ke dunia baru yang jauh dari problema. Intinya, membaca bisa bikin gw larut sama suasana! Selain itu, kegiatan membaca mengajak gw belajar untuk mengkonstruksikan nalar dan pribadi, berani untuk mencoba dan konon katanya menjaga kehormatan dan mengembangkan harta...(Amin!).

Mungkin bener kata Andrea Hirata dalam "Edensor" nya. Bahwa tidak ada yang terjadi secara kebetulan di dunia ini. Semuanya terjadi secara terkonsep, terstrukturkan dan berkaitan. Bahwa hari ini adalah hasil dari konstruksi pikiran dan perbuatan di hari lalu. Mungkin begitu juga hubungan antara korelasi hobi dengan pekerjaan gw. Gw saat ini bekerja sebagai desainer/ilustrator cover buku. Pekerjaan yang membuat gw (lagi-lagi) harus terlebih dahulu membaca sebelum mengeksekusinya dalam desain visual. Sesuatu yang tentunya menyenangkan..!

Toko buku, saat ini selalu menjadi "therapy" thdp kekesalan, kelelahan & kepenatan gw (dan tentunya juga sumber inspirasi desain..!). Semuanya menjadi raib sangat ajaib setiap kali gw masuk ke toko buku atau perpustakaan. Bahkan dulu pacar gw pernah protes karena pacarannya masuk ke toko buku melulu atau selalu dapat nebak hadiah bulanan dari gw..apalagi kalo bukan B***!!!!.

Selain manfaat diatas, yang harus kita tahu adalah bahwa kegiatan membaca juga berpahala!Karena selain menghindarkan dari aktifitas negatif, membaca juga dapat menyenangkan orang lain. Minimal penulisnya! Bayangkan, kita telah membuat dirinya merasa berguna lewat karyanya.Sama seperti yang kalian lakukan saat ini, pada tulisan ini dan aku adalah penulisnya....(thank's). Heheu..!

"Sebaik-baik teman duduk adalah buku"
~La Tahzan~

Bdg, 28 Mei 2008

2 komentar:

az vellow mengatakan...

mmm...

good hobbies! gw suka hobi lo, n tingkatkan kutu bukumu nak!!!

sapa tau bisa jd writer yg handal...?

ade muhammad wantoro mengatakan...

Tambahan :

Ralph Waldo Emerson bilang :
Ada tiga kaidah praktis yang ingin aku tawarkan yaitu :
1. Jangan baca buku yang umurnya belum setahun
2. Jangan Baca buku apapun selain yang terkenal
3. Jangan baca buku apaun selain yang kau sukai

Itu menurutnya..menurut kita?